Hai, teman-teman! Yah… disini aku ingin bercerita tentang hobiku yang lain selain menggambar. Sebenarnya sih, aku memiliki banyak hobi tetapi hobi yang paling aku sukai itu menggambar dan membuat kerajinan tangan.

Kerajinan tangan itu, bermacam-macam. Bisa menjahit, merajut, dan lain-lain. Tetapi dari berbagai hal membuat kerajinan tangan, aku paling suka dengan cara merajut dan menjahit.

Pada awalnya sih, aku tidak tertarik untuk merajut karena membutuhkan konsentrasi tinggi dan membutuhkan kesabaran (rasanya sih semua pasti membutuhkan kesabaran hehehe… Cuma tingkat kesabaran seseorang dalam hal-hal tertentu juga berbeda… kalau dia niat di hal-hal tertentu pasti tingkat kesabarannya tinggi, tapi kalau tidak berminat pasti sebentar aja udah bosan abis… ). Namun setelah melihat guru ekstraku jago, aku menjadi tertantang untuk dapat merajut. Jadi aku pun meminta guru ekstra mengajariku dan ternyata hanya dalam beberapa pertemuan, aku mulai menguasai merajut. Tak pantang menyerah juga, aku belajar dan membuat berbagai macam benda dari merajut. Walaupun hasilnya ga bagus-bagus amat, tapi aku tetep bangga dan menghargai hasil karya tanganku. Di bawah ini aku ingin menunjukkan hasil karya merajutku, yaitu berupa kantong flashdisk, karena pada awal aku beli flashdisk memang tidak ada tempatnya. Aku taku flashdisk ku rusak, jadi aku buatin deh kantongnya.

Seperti yang aku katakana sebelumnya, selain merajut aku juga mencintai menjahit dan membuat prakarya dari kain flannel. Kalau keahilan menjahit ini aku dapatkan ketika aku masih SMP, karena di SMP ada muatan local, dan aku memilih muatan local menjahit. Sebenarnya membuat kerajinan tangan dari kain flannel tidaklah susah dan sangat gampang. Aku jamin semua orang pasti bisa melakukannya. Nah, aku pun ingin berbagi langkah-langkah membuat kerajinan tangan dengan kalian, agar kalian pun dapat mencoba membuat kerajinan tangan dari kain flannel. Ini langkah-langkah membuat dompet dari kain flannel:

Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, seperti jarum, benang, gunting, kain flannel dan hiasan.

Tariklah benang (dikira-kira saja) kemudian ikat mati ujung benang tersebut dan masukkan ujung benang yang lain ke dalam lubang jarum.

Potonglah kain flannel berbentuk persegi panjang, kira-kira 17 x 30 cm. (ukuran dapat bervariasi, sesuai dengan keinginan, warna kain flannel pun juga terserah, sesuai dengan keinginan). Lipatlah kain flannel seperti yang ditunjukkan di gambar di bawah ini.

 

Kemudian jahitlah sisi pinggir dari kain flannel, dengan cara menusukkan jarum dari bagian dalam flannel.

Tusukkan jarum lagi ke kain flannel kira-kira 0.5 cm dari tusukkan pertama.

Kemudian tarik jarum dan sisakan sedikit benang lalu masukkan jarum dari arah luar ke dalam benang yang disisakan tadi. Tarik sampai kencang.

Lakukan hal tersebut berulang-ulang hingga pinggiran kain flannel selesai di jahit

Ketika sudah jadi, berilah hiasan pada dompet flannel anda.