Siapa sih yang tidak tahu betapa mengerikannya praktikum di iSTTS? Kalau yang berhubungan dengan praktikum pasti semua orang bilang susah, surem, mematikan, hopeless, dll yang pasti membuat orang gemetaran kalau masuk ruang praktikum.

Mendengar perkataan dari kakak kelas yang selalu memberikan kesan mengerikan dari praktikum, pasti aku yang notabene adalah murid baru pasti takut dan merinding. Nah, kali ini aku ingin menceritakan pengalaman praktikumku yang pertama dan yang membuat aku ketakutan setengah mati.

Nah, kalau praktikum pertama pasti semua pada taat dan rajin hadir sebelum jam praktikum di mulai, tapiiii… ya taulah, aku nyariss banget telat. Gak nyaris lagi sih, tapi emang telat. Sebenarnya sih aku bingung aku masuk lab yang mana, karena pada waktu aku datang, kertas daftar mahasiswa ruang lab tersebut sudah dicabut. Dalam hati aku berkata, manteb deh, telat di hari petama praktikum, cari mati aja.

Karena tidak ada pilihan lain, maka aku masuk L-304. Karena tidak tahu aku masuk kelas yang benar atau tidak, aku tanya ke orang-orang lain, mungkin aja salah satu dari mereka ada yang tahu namaku ada di daftar lab tersebut atau tidak. Namun, nihil. Tidak ada yang tahu. Mampus lagi deh aku. Ternyata ada cece-cece (mungkin ashor, aku juga lupa) yang baik hati banget, dia tanya namaku terus aku jawab aja Maria. Terus cece yang baik hati tersebut membantu nyari namaku di daftar lab. Ternyata ada! Yey!

Untung deh… udah hati jedag jedug kaya dugem, kalau sampe dianggap telat, hilang sudah nilai 10 (tiiddaakkk…). Setelah di absen, akupun duduk depan, maklum bukan karena aku rajin tapi emang kalo dibelakang aku takutnya tidak kelihatan apa-apa, selain itu juga duduk di belakang mbuat males (hahaha… sok rajin banget).

Seperti biasa, astep membacakan peraturan di lab dan sanksi-sanksi yang lainnya. Setelah itu, sang astep menjelaskan tentang mod sama div. Kemudian, sang astep memberikan 10 menit untuk latihan sendiri ngutak-atik vbscript. Setelah tet, waktu habis langsung dilanjut dengan materi. Penjelasan tentang soal telah selesai dan kitapun diberi perintah untuk melaksanakan tugas yang diberikan astep dengan segenap hati dan jiwa ( ualay…). Untungnya sang astep baik bangeett, kita dikasih hint tentang soal no.1. Kalau ga dikasih hint, bisa-bisa dari awal hingga akhir aku mangap terus…

Soal no.1 pun selesai aku kerjakan, walaupun ada subpoin penilaian yang aku tidak mengerti bagaimana caranya. Akupun langsung tancap ke no.2. aku agak bingung dengan soalnya sih, tapi pelan-pelan aku mencoba mencerna soal (kaya makanan aja). Setelah beberapa menit, huft… akhirnya aku mengerti maksud soalnya apa… langsung aku kerjakan karena waktu sudah mepet. Setelah selesai semuanya, hatipun lega… aku nyoba njalanin semua programnya, berhasil dengan mantap jaya!

Nah, disela-sela praktikum ada hal dodol banget yang aku lakukan. Karena aku menganggap sudah selesai notepad aku tutup, trus aku inget , ‘lho, kok tak tutup nah lho terus nanti kalo mau dinilai gimana?’ otomatis aku langsung panic, aku ngelihat stopwatch yang dipasang di layar, mampus lagi untuk yang ketiga kalinya, Cuma tinggal 10 menit? What! Padahal tadi mbuat 1 program aja 10 menit, trus gimana nih?

Akupun langsung memutuskan untuk membuat lagi programnya. Tapi karena aku terlalu tegang, tanganku sampai gemetaran dan tidak fokus membuat programnya. Mati aku, rasanya takut banget… nah, ga sampai disitu aja masalah muncul, entah kenapa vbscriptnya tidak bisa jalan, maka aku membuat program baru lagi. Nah pas ditengah-tengah, tet, waktu habis, lalu sama astepnya mematikan monitor, akupun pasrah.

Duh, rasanya pengen nangis aja. Lalu kak ashornya datenga dan akupun menyalakan monitor. Aku bilang, kak aku tadi mbuat programnya sudah jadi tapi notepad++ nya udah aku tutup. Trus ce ashor nya bilang ‘ ga papa kok, yang penting yang .html nya ada.’ Aku pun langsung dalam hati lega banget…  aku menunjukkan program-program ku dan dapet nilai 35. Ya Tuhan, makasih banget… aku lega selega-leganya… pengen rasanya melakukan selebrasi kaya pemain sepak bola di depan lab.. karena masih ga percaya, aku sampai ngeliatin nilai yang ditulis ce ashornya berulang kali. Aku sampai berpikir ini angka 3, ini angka 5, jadi nilaiku 35. Aku ngulangin hal itu berkali-kali sampai aku bosan.

Aku berpikir untung notepad++ nya ga ikut dinilai soalnya udah ketutup dan tinggal sisa .html aja. Setelah beberapa hari kemudian, aku baru sadar kalo .html bisa dibuka di notepad++ lagi(doennggg… aku mengira kalo extensionnya udah html ga bisa dibuka di notepad++… aku dodol banget yah… buat apa juga pas itu aku ketakutan berlebihan)