Terdapat berbagai macam versi Windows, namun antara versi yang satu dengan yang lain pasti memiliki perbedaan. Kali ini akan dijelaskan perbedaan antara Windows 7 dan Windows XP. Berikut ini adalah perbedaan-perbedaannya:

  • Menu start

Tampilan menu start pada Windows XP dan Windows 7 memiliki perbedaan. Pada Windows XP, menu start tersebut berbentuk lonjong dan terdiri dari logo Windows disertai dengan tulisan ‘Start’ lain lagi dengan menu start pada windows 7. Menu start di Windows 7 hanya berbentuk lingkaran dan hanya terdapat  logo Windows. Jika kita mendekatkan kursor ke menu start tersebut maka logo Windows akan menyala. Inilah keunggulan menu start Windows 7 dari pada Windows XP dalam segi tampilan.

  • Tampilan

Pada Windows XP, memiliki tampilan yang sederhana sehingga terlihat agak membosankan sedangkan pada Windows 7 baik dari segi grafis, animasi, dan semua yang berhubungan dengan visual memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih menarik dari pada Windows XP.

  • Search pada menu start

‘Search’ pada kedua jenis Windows tersebut berbeda karena ‘search’ pada Windows 7 lebih simpel dalam penggunaannya. Pada Windows XP, untuk menggunakan search, harus masuk ke menu start dan di dalam menu start tersebut terdapat dua kolom, pada kolom sebelah kanan terdapat pilihan search. Namun, dalam Windows 7, hanya tinggal mengeklik menu start dan di bagian bawah terdapat search bar.

  • Penyusunan dan peletakan program pada menu all program

Jika kita ingin mencari program, pasti kita membuka menu start dan mengeklik all program. Ternyata dalam penyusunan program dalam menu all program pada Windows 7 dan Windows XP memiliki perbedaan. Pada Windows XP ketika kita mengeklik all program, maka semua program yang ada akan membuka ke samping, yang terkadang jika programnya terlalu banyak akan memenuhi desktop sehingga kelihatan tidak praktis dan menganggu. Sedangkan dalam Windows 7, dalam penyusunan all programnya lebih efektif dan kelihatan lebih rapi. Jika kita mengeklik all program, maka pada menu start pada kolom sebelah kiri, akan menampilkan semua program yang ada dan disertai dengan scroll bar. Sehingga tidak akan memenuhi desktop.

  • Taskbar

Taskbar Windows 7 dan Windows XP memiliki perbedaan. Taskbar pada Windos XP, ketika ada program yang sedang dibuka akan menampilkan icon serta nama dari program tersebut. Kalau ada program yang sama dibuka lebih dari satu maka akan muncul icon dan nama program tersebut di samping program satunya sehingga menjadi tidak praktis dan memenuhi taskbar. Sedangkan pada Windows 7, ketika ada sebuah program yang sedang berjalan, hanya akan memunculkan ikon pada taskbar. Jika ada program yang sama dibuka lebih dari satu maka ikon yang muncul hanya satu tetapi memiliki efek seperti ikon yang bertumpuk-tumpuk. Ketika kita mengarahkan kursor pada icon tersebut akan muncul thumbnail dari program-program tersebut. Sehingga  Windows 7 lebih praktis dan lebih rapi dalam tampilan taksbarnya. Tampilan taskbar Windows XP juga terlihat lebih kurang menarik karena hanya terdapat satu warna, sedangkan pada Windows 7, memiliki efek seperti kaca transparan sehingga terlihat lebih atraktif. Ada perbedaan lainnya, yaitu taskbar pada Windows 7 dapat dibuat tidak muncul dan baru akan muncul jika cursor diarahkan ke tempat taskbar seharusnya berada, sedangkan pada Windows XP akan tetap muncul di desktop.

  • Tampilan drive pada my computer

Pada Windows XP, tampilan drive hanya berupa nama dari drive tersebut saja. Tidak ada keterangan berapa memori dari drive tersebut, jika kita ingin mengetahui seberapa besar memori total, memori yang telah terpakai, dan memori sisa, kita harus  mengeklik kanan pada drive tersebut dan memilih properties. Pada menu general akan ditunjukkan keterangan memori dari drive tersebut. Sedangkan pada Windows 7, drivenya terdiri dari nama drive serta terdapat keterangan berapa besar memori drive tersebut, sisa memorinya, dan memori yang telah terpakai tanpa harus mengeklik kanan drive tersebut dan memilih properties.

  • Quick launch

Di taskbar terdapat quick launch. Quick launch ini terletak di bagian sebelah kanan dari taskbar. Pada Windows XP, quick launch ini terdiri dari icon-icon program dan berderet menyamping. Jika banyak sekali icon-icon program maka akan muncul tanda panah ke samping yang jika di klik akan memunculkan semua icon (secara menyamping). Namun di Windows 7 lebih simple, quick launch hanya terdapat tanda panah ke atas. Jika tanda panah tersebut di klik maka akan keluar kotak yang berisi semua icon-icon yang ada, sehingga terlihat lebih rapi, praktis, dan tidak memenuhi taskbar.

  • Gadget

Keunggulan lainnya dari Windows 7 adalah desktop gadgetnya. Di Windows 7 terdapat berbagai gadget-gadget yang bermanfaat bagi user, jika kita menginnginkan lebih banyak gadget kita dapat mendownload gadget-gadget lainnya yang sesuai dengan apa yang kita inginkan, sedangkan pada Windows XP tidak memiliki gadget sama sekali.

  • Themes

Windows 7 memiliki keunggulan dari pada Windows XP, yaitu dalam hal tema. Pada Windows 7 terdapat berbagai tema yang menarik. Tema tersebut didapatkan  dengan cara mendownloadnya ataupun membuatnya sendiri.

  • Pembuatan folder baru di my computer atau di my document

Cara pembuatan folder baru di Windows XP dan Windows 7 di my computer maupun di my document terdapat perbedaannya. Pada Windows XP, jika ingin membuat folder baru kita harus klik file, pilih new kemudian pilih folder. Namun di Windows 7 kita tidak perlu melakukan hal tersebut karena kita tinggal mengeklik tombol new folder yang ada di bawah Windows explorer.

  • Original security

Dalam hal original security pun, Windows 7 lebih unggul dari pada Windows XP. Karena baiknya kualitas sistem keamanan dari Windows 7, kita tidak dapat menjalankan program secara sembarangan di Windows 7. Sedangkan Windows XP, original securitynya tidak bisa sebagus dan sehebat original security Windows 7.

  • Penginstallan software

Dalam hal penginstalan software, ternyata Windows XP lebih baik daripada Windows 7, karena banyak software yang ketika di install di Windows 7, ternyata tidak dapat terinstall karena Windows 7 tidak dapat mensupport program tersebut, sehingga hanya program-program teretentu saja yang dapat di install di Windows